• Rp 4.000

  • Rp 5.000

Bumbu Rawon 25gr

  • Availability: In Stock

Bumbu Rawon adalah salah satu bumbu khas dalam masakan Indonesia, terutama yang berasal dari Jawa Timur. Bumbu ini digunakan untuk membuat hidangan rawon, sebuah masakan berkuah yang terkenal dengan cita rasa kuah yang kaya dan warna hitam pekat. Berikut penjelasan mengenai bumbu rawon:

Bahan Utama Bumbu Rawon:

Kluwak (Ketan Hitam): Kluwak adalah bahan utama yang memberikan warna hitam khas pada hidangan rawon. Biji kluwak dihancurkan dan direndam sebelum digunakan.

Bawang Merah dan Bawang Putih: Bawang merah dan bawang putih adalah bahan pokok dalam banyak masakan Indonesia, termasuk rawon. Mereka memberikan aroma dan rasa yang khas pada bumbu ini.

Kunyit dan Lengkuas: Kunyit dan lengkuas adalah rempah-rempah yang memberikan rasa dan aroma khas pada rawon. Mereka juga berperan dalam memberikan warna kunir pada masakan ini.

Serai: Serai adalah bahan yang memberikan aroma segar dan citarasa khas pada rawon. Bagian yang digunakan adalah batang serai yang dihancurkan.

Jahe: Jahe memberikan sentuhan pedas dan hangat pada bumbu rawon.

Kencur: Kencur adalah bahan yang memberikan aroma harum pada bumbu rawon. Ini adalah salah satu komponen penting yang membuat rawon begitu khas.

Kemiri: Kemiri adalah bahan yang memberikan kandungan lemak dan rasa yang khas pada bumbu rawon.

Cara Membuat Bumbu Rawon:

Bahan-bahan di atas dicuci dan dipersiapkan dengan baik.
Kluwak direndam dalam air hangat selama beberapa jam hingga lunak.
Semua bahan, termasuk kluwak yang sudah direndam, dihaluskan menjadi pasta halus dengan menggunakan blender atau ulekan.
Pasta bumbu ini kemudian ditumis dalam minyak hingga harum dan berubah warna.
Bumbu ini kemudian digunakan sebagai dasar untuk membuat kuah rawon, dengan tambahan daging sapi, garam, gula, daun salam, dan lengkuas.
Bumbu rawon adalah kunci utama dalam menciptakan cita rasa khas hidangan rawon. Kuah yang dihasilkan dari bumbu ini memiliki rasa yang kaya, gurih, dan sedikit pedas, serta warna hitam yang khas. Hidangan rawon sering disajikan dengan nasi putih, tauge, telur rebus, dan krupuk sebagai pelengkap. Bumbu rawon adalah salah satu contoh kekayaan rempah-rempah Indonesia yang memberikan karakteristik istimewa pada masakan tradisional ini.