• Rp 33.000

  • Rp 43.500

Bumbu Dasar putih 200gr

  • Availability: In Stock

Bumbu dasar putih, atau dalam bahasa Indonesia sering disebut "bumbu putih," adalah salah satu bumbu dasar yang penting dalam berbagai masakan Indonesia. Bumbu ini biasanya digunakan sebagai dasar dalam pembuatan sup, kari, dan hidangan berkuah lainnya. Berikut penjelasan mengenai bumbu dasar putih:

Bahan-Bahan Bumbu Dasar Putih:

Bawang Merah dan Bawang Putih: Bawang merah dan bawang putih adalah bahan pokok dalam bumbu dasar putih. Mereka memberikan cita rasa dan aroma yang khas pada masakan ini.

Jahe: Jahe adalah bahan yang memberikan rasa pedas dan hangat pada bumbu dasar putih. Jahe juga memberikan aroma yang segar pada masakan.

Ketumbar: Ketumbar adalah bumbu yang sering digunakan dalam bumbu dasar putih untuk memberikan rasa dan aroma khas. Biji ketumbar dapat digunakan dalam bentuk bubuk atau yang sudah dihaluskan.

Kemiri: Kemiri adalah bahan yang memberikan kandungan lemak dan rasa khas pada bumbu dasar putih.

Merica: Merica sering digunakan dalam bentuk bubuk untuk memberikan sentuhan pedas pada masakan.

Daun Salam dan Sereh (Serai): Daun salam dan serai adalah bahan yang sering digunakan dalam bumbu dasar putih untuk memberikan aroma khas. Serai biasanya dihancurkan sebelum digunakan.

Cara Membuat Bumbu Dasar Putih:

Bahan-bahan di atas dicuci dan dipersiapkan dengan baik.
Bawang merah, bawang putih, jahe, ketumbar, kemiri, dan merica dihaluskan menjadi pasta halus dengan menggunakan blender atau ulekan.
Pasta bumbu ini kemudian ditumis dalam minyak hingga harum dan berubah warna.
Bumbu ini dapat digunakan sebagai dasar dalam berbagai masakan, seperti sup, kari, dan hidangan berkuah lainnya. Dalam berbagai resep, bumbu dasar putih ini ditambahkan ke dalam masakan sebagai langkah awal dalam pembuatan kuah atau saus.
Bumbu dasar putih adalah bumbu dasar yang serbaguna dan sering digunakan dalam berbagai masakan Indonesia. Ini memberikan dasar rasa yang khas dan aroma yang menggugah selera pada masakan. Setiap rumah tangga dan dapur di Indonesia mungkin memiliki resep dan variasi tersendiri untuk bumbu dasar putih ini, sehingga menciptakan beragam rasa khas dalam masakan tradisional Indonesia.